Rabu, 19 Desember 2012

MANFAAT DAUN PANDAN

     Siapa sih yang tidak tahu daun pandan? Tanaman ini sangat familiar terutama bagi yang hobi memasak. Tanaman yang memiliki daun beraroma khas ini sering dimanfaatkan sebagai pengharum masakan. Selain manfaat di atas, ternyata daun pandan memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi kesehatan. Nah, apa saja sih manfaat lain daun pandan dan bagaimana cara pengolahannya?
Yuuuk langsung saja kita simak ....

1. Untuk meringankan rematik dan pegalinu
Ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih lalu iris tipis. Kemudian campur dengan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan. Setelah dingin, balurkan campuran tersebut di bagian tubuh yang sakit sambil diberi pijatan lembut.
2. Untuk lemah syaraf
Cuci dan iris tipis 3 lembar daun pandan kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum pagi dan sore masing-masing satu gelas.
3. Untuk menghitamkan rambut
Ambil 7 lembar daun pandan, cuci dan potong-potong kemudian rebus dengan satu liter air. biarkan semalam. Campur air rebusan pandan dengan air perasan dari 3 buah mengkudu lalu aplikasikan di rambut biarkan 10 menit. Bilas dengan air bersih.
4. Untuk manghilangkan ketombe
Cuci dan giling 7 lembar daun pandan, tambahkan setengah cangkir air bersih, remas-remas kemudian saring. Oleskan air perasan tersebut ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit, bilas.

Yup, inilah manfaat lain dari daun pandan. Semoga bisa memberikan manfaat pada pembaca semuanya ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India